Tanah Gambut dan Rawan Kebakaran 

Tiga Kelurahan di Payung Sekaki Ditetapkan Percontohan Siaga Tanggap Bencana 

Kebakaran di Payung Sekaki

PEKANBARU --(KIBLATRIAU.COM)--  Hingga kini,  Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru salah satu Kecamatan rawan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut). Bahkan,  bukan hanya itu di Kecamatan Payung Sekaki ini ada tiga kelurahan akan ditetapkan sebagai percontohan kelurahan siaga tanggap bencana kebakaran oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kota Pekanbaru. 

Adapun, tiga kelurahan tersebut itu,  Kelurahan Sungai Sibam, Kelurahan Bandar Raya dan Kelurahan Air Hitam. “Ada tiga kelurahan yang akan dibuat percontohan,” ujar Sekretaris Camat Payung Sekaki Rahmaningsih,  kepada wartawan,  Senin (5/8/2019). 

Rahmaningsih menerangkan,  alasan seringnya terjadi karlahut di wilayah Payung Sekaki dikarenakan kantor tanah Kecamatan Payung Sekaki adalah tanah gambut dan rawan kebakaran. Belum lagi banyaknya lahan-lahan kosong di kecamatan tersebut juga beresiko kebakaran.

“Hal kecil saja di sini bisa memicu kebakaran yang lebih besar. Seperti membakar sampah, itu bahaya. Pernah kejadian," sebut Rahmaningsih.

Dijelaskan Rahmaningsih, terhitung dari bulan Januari lalu, sudah ada tiga kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Payung Sekaki. “Tahun ini saja sudah ada tiga kasus. Jika musim panas kebakaran, musim hujan kebanjiran,” ujar Rahmaningsih.(Ty/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar